Pangdam XVIII/Ksr Kunjungi Kampung Persiapan Malagufuk

MAKASSARSATUSUARA.CO.ID-Sorong Papua Barat Daya -  Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., didampingi Danrem 181/PVT Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan, S.Sos., MSi., mengunjungi dan mengecek langsung keadaan kampung persiapan bertempat di Objek Wisata Malagufuk Provinsi Papua Barat Daya, Rabu (24/05/2023).

“Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema S.Sos (Pangdam XVIII/Kasuari) menyampaikan kedatangannya ingin mengecek langsung keadaan kampung persiapan Malagufuk karena selama menjabat memang belum pernah melihat secara langsung kampung persiapan tersebut, dari pihak TNI Kedepan akan  mengadakan program air bersih di Kampung Malagufuk sehingga masyarakat bisa menikmati air bersih dan akan membantu pembangunan sekolah, tempat ibadah, perumahan guru, dan membantu perlengkapan anak sekolah, tas, buku dan alat tulis.

Pada kesempatan tersebut Pangdam XVIII/Kasuari memberikan santunan berupa uang untuk warga agar dapat digunakan untuk membantu meringankan kebutuhan warga seperti pembelian mesin potong rumput dan bahan bakarnya,"ujarnya.

“Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema S.Sos (Pangdam XVIII/Kasuari) perintahkan Dandim 1802/Sorong agar membantu 14 unit sepeda agar anak-anak kita bisa memakainya, karena tidak ada alat transportasi di Kampung Malagufuk, adapun tujuan diberikan sepeda untuk mendukung warga agar lebih maju dan cepat berkembang, kampung persiapan tersebut hanya ada sekitar 14 Kk dan di huni sekitar 75 jiwa, dengan adanya dukungan sepeda dari pihak TNI warga merasa senang, mereka lebih cinta dengan TNI khususnya di jajaran Kasuari, warga lebih nyaman dan sejahtera dengan adanya kepedulian dari TNI," Imbuhnya.

Warga kampung Malagufuk menyampaikan keadaan bahwa di Kampung warga tidak mempunyai WC sehingga Danrem 181/PVT Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan, S.Sos., MSi., langsung memerintah Dandim 1802/Sorong Letkol Cpn. Andi Sigit Pamungkas, S.E., M.Ip., agar membuatkan WC umum untuk warga kampung persiapan Malagufuk,untuk bahan yang dibutuhkan akan di dukung oleh  Danrem 181/PVT, warga kampung persiapan Malagufuk mengucapkan banyak terima kasih dan sangat senang atas perhatian Danrem 181/PVT karena telah peduli terhadap warga, dengan adanya bantuan tersebut para guru dan warga agar bisa menikmati fasilitas yang diberikan, sehingga kedepan hubungan TNI dan masyarakat akan selalu terjalin hubungan yang harmonis dan masyarakat akan semakin mencintai TNI khususnya di jajaran Kodam XVIII/Kasuari," tuturnya.

“Sebelum meninggalkan kampung persiapan Malagufuk Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., menyampaikan pesan kepada warga untuk menjaga kampung tersebut agar aman dan banyak di kunjungi oleh warga asing, sehingga ada pemasukan dana untuk membantu  memajukan objek wisata yang ada di Kampung Malagufuk," Pungkasnya.

Ikut hadir mendampingi dalam kegiatan tersebut Kolonel Inf Christian Pieter Sipahelut Kasrem 181/PVT,Kolonel Inf.Arfan Johan Wihananto, S.IP., MMS Kasi Ops Kasrem 181/PVT,  Letkol Cpn. Andi Sigit Pamungkas, S.E., M.Ip. Dandim 1802/Sorong, Cece Tarya S.T Kepala Bandara Sorong,  Mayor Inf Arujin Dantim Intel Korem 181/PVT dan  Mayor Inf Bambang Triyono Kapen Rem 181/PVT, Ny Alin Lusiawati Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari  dan Ny.Erna Obertina Sipayung Ketua Persit KCK Korcab Rem 181 PD XVIII/Ksr beserta Pengurus Persit.