Dalam Rangka Menyambut Hari Kemerdekaan, Wakapolda Papua Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci

Papua – Wakapolda Papua Brigjen Pol. Patrige R. Renwarin, S.H., M.Si., menghadiri Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci yang dilaksanakan oleh Forkompinda Provinsi Papua dalam rangka Menyongsong Hari Kemerdekaan Negara Republik Indoensia Ke-79 Tahun 2024, Jumat (16/08).

Kegiatan Apel Kehormatan ini berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma ,Trikora Jl. Raya Abepura – Waena, Kelurahan Waena, Distrik Heram, dan turut dihadiri oleh Kabinda Papua, Mayjen TNI (Purn) Gustav Agus Irianto, S.I.P., Wakil Ketua II DPRP Provinsi Papua, Eduardus Kaize, S.S., serta Para Pejabat lainnya.

Mengusung tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju", kegiatan ini dipimpin langsung oleh Danlanud Silas Papare Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos., selaku Inspektur Upacara dan Pasiops Kodim Jayapura XVII Cendrawasih Mayor Inf. Siswanto.

Pada kesempatannya Danlanud Silas Papare selaku Inspektur Upacara menyatakan hormat yang sebesar-besarnya, atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai Pahlawan terhadap Pengabdian dalam Perjuangan demi kebahagiaan Negara dan Bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga, dan Kami berdoa Semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” ujar Inspektur Upacara.

“Tugas yang adik-adik laksanakan besok adalah tugas yang sangat berat, namun sangatlah mulia, Adik-adik merupakan tunas-tunas bangsa, harapan bangsa dan Negara yang menunjukkan sikap rela berkorban, meluangkan waktu dan tenaga untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka,” pungkasnya.

Adapun Kegiatan Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan dan refleksi atas perjuangan para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia.

Acara ini bertujuan untuk memperkokoh rasa nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda, agar selalu menghargai dan meneruskan nilai-nilai perjuangan yang telah diwariskan oleh para pahlawan bangsa.(*)