Irwasda Polda Papua Pimpin Upacara Hari Kemerdekaan ke-79, Semangat Wujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju

Papua – Irwasda Polda Papua, Kombes Pol Drs. Yosi Muharmata, memimpin upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 dengan semangat mewujudkan Nusantara baru Indonesia maju. Upacara ini berlangsung di lapangan Mako Polda Papua lama, Kota Jayapura, Sabtu (17/08/2024).

Upacara tersebut dihadiri oleh pejabat utama Polda Papua dan personel Polda Papua yang dilibatkan. 

Dalam amanat Presiden RI yang dibacakan oleh Irwasda Polda Papua, disampaikan pesan penting tentang semangat persatuan dan gotong royong dalam membangun Indonesia maju. Ia menekankan bahwa kemerdekaan yang diraih dengan susah payah harus dijaga dan dirawat dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab.

“Kemerdekaan bukan hanya milik kita saat ini, tetapi juga milik generasi mendatang. Kita harus terus berjuang untuk mewujudkan cita-cita para pahlawan, yaitu Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera,” ucap Irwasda.

Kemerdekaan yang diraih, lanjut Yosi, bukan lah hadiah, tetapi berkat perjuangan para pejuang bangsa ini dalam menghalau atau mengusir penjajah dari negeri ini.

"Kita harus bangga dengan perjuangan para pejuang kita. Kita selaku anak bangsa dan generasi penerus bangsa harus mampu untuk berbuat hal positif demi kemajuan bangsa ini,” pungkasnya.

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan ini menjadi momentum penting untuk merefleksikan perjalanan bangsa dan melangkah maju menuju Indonesia yang lebih baik. Semangat persatuan dan gotong royong menjadi kunci utama dalam menghadapi berbagai tantangan dan mewujudkan cita-cita bersama.

Di akhir upacara, Kombes Yosi mengajak seluruh personel Polda Papua untuk terus meningkatkan kinerja dan dedikasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya menjaga integritas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas.(*)