Satgas Ops Damai Cartenz dan Polres Mimika Laksanakan Patroli Dialogis Guna menjaga Sitkamtibmas Selama Perayaan HUT RI Ke-79 Tetap Kondusif

Papua - Dalam rangka menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif selama peringatan HUT RI ke-79, Gabungan Satgas Humas Ops Damai Cartenz-2024 dan Tim Perintis Sat Samapta Polres Mimika melaksanakan patroli dialogis di wilayah hukum Polres Mimika. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya preventif untuk memastikan perayaan kemerdekaan dapat berlangsung dengan aman dan tertib.

Patroli dialogis dilakukan dengan pendekatan yang humanis, dimana Personil yang melaksanakan Patroli berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat. Selama kegiatan, mereka tidak hanya melakukan pengecekan keamanan, tetapi juga mendengarkan keluhan dan kebutuhan warga. Melalui dialog ini, tim memberikan informasi terkait langkah-langkah pencegahan serta himbauan untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran mereka dalam menciptakan lingkungan yang aman, terutama selama Pelaksanaan peringatan HUT RI yang ke-79 ini. Dengan melibatkan masyarakat secara aktif, diharapkan tercipta sinergi yang kuat antara aparat keamanan dan warga, sehingga suasana perayaan dapat berlangsung dengan aman dan kondusif.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, Kombes Pol. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H. Dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan Patroli dialogis merupakan wujud nyata komitmen dan kerja sama dari Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dan Polres Mimika dalam menjaga Sitkamtibmas selama pelaksanaan HUT RI yang ke-79 tetap aman dan kondusif.

“Kerja sama antara Satgas Ops Damai Cartenz dan Polres Mimika dalam melaksanakan Patroli Dialogis ini merupakan peran penting dalam menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif selama perayaan HUT RI yang ke-79 ini, dimana Personil yang melaksanakan Patroli dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat”ujar Kasatgas Humas.(*)