Wakapolda Papua Hadiri Kegiatan Taptu Dalam Rangka HUT RI Ke-79

Papua – Wakapolda Papua Brigjen Pol. P. Patrige R. Renwarin, S.H., M.Si., menghadiri Kegiatan TAPTU dalam rangka Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-79, Jumat (16/08).

Kegiatan TAPTU ini turut dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Papua yakni, PJ. Gubernur Papua, Mayjen (Purn) Ramses Limbong, Ketua DPRP Papua, Jhony Banua Rouw, S.E., Pangdam XVII Cenderawasih, diwakili Kolonel Inf. Paulus Mote., Danlantamal X, diwakili Askopmar Danlantamal X, Kolonel Marinir.I.Ginting, Serta Para PJU Polda Papua.

Bertempat di Gedung Negara, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Kegiatan TAPTU ini dipimpin langsung oleh Kepala Kejakaaan Tinggi Papua, Hendridzal Husin, S.H., M.H., (Inspektur Upacara) dan Letkol Laut.(K), Drg. Andreas Hari Prasetio. Sp. KG, (Komandan Upacara).

Adapun Upacara TAPTU (Penetapan Waktu) adalah tradisi yang dilakukan sebagai bagian dari persiapan menjelang Upacara Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. 

“Tujuan utama dari Upacara TAPTU adalah untuk membersihkan, merapihkan dan menyiapkan tempat pelaksanaan upacara agar semuanya siap dan tertib untuk perayaan Hari Kemerdekaan yang ke-79 pada tahun 2024,” ucap Inspektur Upacara.

Dan pada saat dimainkannya Lagu TAPTU pada saat Upacara TAPTU adalah untuk penghormatan terhadap ritual dan kebiasaan yang telah ada sejak lama dalam rangka mempersiapkan acara penting seperti perayaan kemerdekaan.(*)