Kapolda Papua Ikuti Pengarahan dari Presiden RI di IKN

Penajam Paser Utara, Kaltim – Kapolda Papua, Brigjen Pol Patrige R. Renwarin, S.H., M.Si, bersama para Kapolres di wilayah Polda Papua, mengikuti pengarahan dari Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, yang digelar di Aula Gedung Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (12/9/2024). 

Acara ini juga dihadiri oleh Presiden Terpilih 2024, Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto, serta sejumlah pejabat tinggi negara, termasuk para menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi meminta agar para pimpinan TNI dan Polri dapat membawa semangat transformasi yang ada di IKN untuk diterapkan di wilayah masing-masing. 

"Saya ingin Saudara-saudara melihat IKN, melihat progres kota masa depan itu seperti apa, dan membawa semangat transformasi tersebut pulang ke daerah masing-masing untuk dikembangkan," ujar Jokowi.

Presiden menekankan pentingnya pembangunan berkelanjutan dengan menerapkan konsep ramah lingkungan, termasuk penggunaan standar bangunan hijau, transportasi berbahan bakar ramah lingkungan, dan pemanfaatan energi hijau. 

"Semangat ini bukan hanya untuk IKN, tapi untuk seluruh Indonesia, mewujudkan Indonesia sentris, bukan Jawa sentris," tambahnya.

Jokowi juga menyoroti visi besar pemerintah untuk mencapai Indonesia Emas 2045 dengan target GDP per kapita mencapai USD 23 ribu. Untuk itu, ia mengimbau para pimpinan TNI dan Polri agar berani mengambil langkah strategis, baik kecil maupun besar, dalam memimpin wilayah masing-masing. 

"Ke depan, negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat, bukan negara besar mengalahkan negara kecil," tegas Jokowi.

Ia menekankan bahwa pemindahan ibu kota ke IKN bukan sekadar relokasi fisik, melainkan juga bertujuan mengubah pola pikir dan budaya kerja, demi menciptakan efisiensi dan penyederhanaan kebijakan. Dengan karakter dan mental bangsa yang maju, Jokowi berharap Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain di dunia.

"Semangat ini yang saya harapkan bisa Saudara-saudara bawa sekembalinya dari IKN Nusantara, untuk memperbaiki tata kelola dan manajemen birokrasi di TNI dan Polri, sehingga semakin profesional," tutup Presiden.

Arahan ini diharapkan dapat memberikan dorongan kepada jajaran TNI-Polri di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Papua, untuk mendukung transformasi besar yang sedang dilakukan pemerintah dalam membangun masa depan bangsa.(*)