Kasatgas Ops Wil Papua Selatan Ikuti Rapat Anev Mingguan OMPC II 2024

Papua – Kasatgas Ops Wilayah Papua Selatan, Kombes Pol Sondang R.D. Siagian, S.I.K., mengikuti Rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) Mingguan Operasi Mantap Praja Cartenz (OMPC) II 2024 yang bertempat di Kantor LO Persiapan Polda Papua Selatan, Rabu (18/9). Rapat tersebut diikuti oleh para Kasatgas serta staf yang terlibat dalam pengamanan Pilkada 2024.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Karo Ops Polda Papua sekaligus Karendal Ops OMPC II 2024, Kombes Pol I Ketut G. Wijatmika, S.I.K melalui zoom meeting, berbagai aspek penting terkait kesiapan pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dibahas secara mendalam. 

Ia mengapresiasi kinerja para Kasatgasops wilayah dan anggota atas keberhasilan mereka dalam menangani sejumlah kegiatan menonjol di daerah, yang dapat diselesaikan dengan baik.

“Kita harus terus mengantisipasi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang penetapan calon kepala daerah. Beberapa hari yang lalu, penyerahan rekomendasi terkait keaslian Orang Asli Papua (OAP) oleh Majelis Rakyat Papua (MRP) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah dilakukan, dan ini menjadi salah satu tahap penting dalam proses Pilkada,” ujar Karendal Ops.

Lebih lanjut, Karendal Ops menjelaskan bahwa dalam beberapa hari ke depan akan ada pergeseran personel ke masing-masing wilayah untuk memperkuat pengamanan. 

"Personel tambahan akan dikerahkan untuk mengamankan setiap tahapan Pilkada, mulai dari penetapan calon, pengundian nomor urut, hingga masa kampanye dan hari pencoblosan," tambahnya.

Dir Intelkam Polda Papua juga memberikan arahan agar kegiatan pengamanan dan patroli di lokasi-lokasi yang dianggap rawan ditingkatkan, dengan tetap berkoordinasi dengan Polres setempat.

"Penting bagi kita untuk memantau situasi dan memastikan keamanan di lapangan, terutama di daerah-daerah yang memiliki potensi konflik," tegasnya.

Kasatgas Humas OMPC II Wilayah Papua Selatan, Kompol Nurjanah, menambahkan bahwa rapat Anev ini sangat krusial untuk memastikan keamanan dan kelancaran Pilkada di Papua dan di tiga Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Fokus utama evaluasi kali ini adalah memastikan bahwa setiap personel satgas selalu memantau perkembangan situasi dan mendapatkan informasi terbaru terkait tahapan Pilkada, termasuk penetapan calon gubernur, wakil gubernur, bupati, dan wakil bupati,” tutup Kompol Nurjanah.

Dengan rapat evaluasi ini, Polda Papua Selatan menunjukkan komitmennya dalam menjaga stabilitas keamanan selama proses Pilkada 2024 berlangsung, sekaligus memastikan bahwa setiap tahapan berjalan dengan aman, lancar, dan tertib.(*)