Polri Antisipasi Aksi Damai dari Aliansi Suara Masyarakat Asli Papua Bersatu

Papua – Surat Pemberitahuan Aksi Damai oleh Aliansi Suara Masyarakat Asli Papua Bersatu (Indigenous People) yang ditujukan kepada Kepolisian Resort Merauke dan beredar di Whatsapp Group yang telah memasuki tahapan rekomendasi MRPS setelah dilakukan verifikasi guna memutuskan keaslian calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Selatan pada Pilkada 2024.

Kasatgas Humas Operasi Mantap Praja Cartenz (OMPC) II 2024 Kompol Nurjanah mengatakan, terkait rencana Aksi Damai yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 s.d. 18 September 2024 dengan massa aksi kurang lebih 500 orang di salah satu Hotel di Kota Merauke Kasatgas Ops Wil Papua Selatan telah memerintahkan para Kasatgas OMPC II 2024 untuk melakukan langkah antisipasi dengan berkoordinasi dengan Polres Merauke dalam melaksanakan kegiatab Kepolisian seperti Pengamanan dan Patroli.

"Kasatags Ops Wil Papua Selatan Kombes Pol Sondang R.D. Siagian, S.I.K. memerintahkan para Kasatgas untuk melaksanakan pengamanan dengan berkoordinasi dengan Polres Merauke,” terang Kompol Nurjanah.

Kasatgas Humas menambahkan, sesuai perintah tersebut personel Satgas OMPC II 2024 akan melakukan kegiatan kepolisian dengan meningkatkan kegiatan patroli dan pengamanan di sekitar lokasi rencana aksi demo tersebut.

Ia juga berharap penanggungjawab massa aksi untuk tetap memimpin aksi damai sesuai koridor hukum dan tidak melakukan aksi yang dapat menimbulkan situasi yang mengganggu situasi kamtibmas khususnya di Kota Merauke. 

“Dimana kita ketahui bersama bahwa Kota Merauke dan beberapa Kabupaten di Wilayah Provinsi Papua Selatan merupakan daerah paling aman yang ada di tanah Papua,” tuturnya.

“Mari salurkan aspirasi dengan baik dan santun, saya yakin bahwa aksi yang dilakukan oleh Aliansi Suara Masyarakat Asli Papua Bersatu boleh berjalan dengan aman dan lancar serta kami pihak kepolisian siap mengawal aksi tersebut,” imbuhnya.(*)